TIK

Soal TIK ke-2 : 
Soal Kelompok 1Amandhangi R.S , Asmi Nur A , Fauzi Cahyama R dan Ferdiana A.
1. Kepanjangan dari internet adalah...
   a. Local Area Network
   b. Interconnected Network
   c. International Network
   d. Internal Network

2. Jika sebuah badan usaha mengekspos sebagian dari internal jaringannya ke luar, hal ini disebut...
   a. Intranet
   b. Internet
   c. Ekstranet
   d. Private Internet

3. Dengan cara apa kita dapat memiliki server?
   a. Meminta pada jaringan
   b. Membelinya
   c. Mendatangi pemilik server
   d. Mencari di komputer

4. Aplikasi HTML kadang biasa disebut dengan.....
   a. The Killer Application
   b. File Transfer Protocol
   c. Internet Relay chat
   d. Mailing List

5. Program komputer yang dapat digunakan untuk mengakses internet adalah...
    a. Mozilla Firefox
    b. Coral Draw
    c. Macromedia Flash
    d. Adobe Reader

6. Kepanjangan dari WWW adalah…
    a. World Wide Web
    b. Web Wide World
    c. Wide Web World
    d. World Web Wide

7. Manfaat dari internet adalah…
   a. Memperoleh informasi
   b. Memperoleh ilmu yang tidak berguna
   c. Menjerumuskan ke arah yg tidak baik
   d. Membuat kita menjadi orang yang buruk

8. Kepanjangan dari IRC adalah…
    a. Electronik Mail
    b. Internet Relay chat
    c. File transfer protocol
    d. International Relay Chat

Soal Kelompok 2 : Funando A , Kevin Q.A , Lie Intan S dan M. Ainul F.
  1. Kepanjangan dari LAN adalah…..
    a. Local Area Network
    b. Longer Area Network
    c. Lakers Area Network
    d. Long Area Network
  2. Backbone adalah…
    a. Tulang belakang internet
    b. Pemacu internet
    c. Saluran koneksi utama jaringan ISP dengan internet
    d. Internet service provider
  3. Apakah Internet Service Provider itu?
    a. Orang yang memakai internet
    b. Indah Sekali Pohonitu
    c. Jasa Layanan Internet
    d. Petugas Speedy
  4. Apa pengertian dari Bandwidth?
    a. Gelang tangan
    b. Koneksi utama jaringan internet
    c. Biaya modem per-bulan
    d. Pergabungan LAN dengan WAN
  5. Fungsi LAN adalah……
    a. Sebagai satu jaringan yang menghubungkan sejumlah komputer yang berada dalam kawasan tertentu   seperti di dalam kampus, dalam sebuah bangunan, dan dalam ruang yang sering kali dihubungkan dengan mini komputer
    b. Sebagai satu jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan satu orang ke orang lain
    c. Menghubungkan setiap tenaga listrik yang ada di dunia
    d. Satu jaringan yang bisa memutuskan hubungan setiap orang yang sedang menggunakannya
  6. Apa kepanjangan dari MAN?
     a. Metropolitan Area Network
     b. Metropolitan Association National
     c. Mist Area Network
     d. Maliki Anak Nakal
  7. Apakah kepanjangan dari ISP ?
     a. International Server Provide
     b. Internet service Provider
     c. Internal Service Provider
     d. Interconnected server provider
  8. Sarana yang bisa digunakan untuk mengakses internet adalah . . . .
      a. Jaringan televisi kabel
      b. Telephone rumah
      c. Jaringan bawah tanah
      d. Tiang listrik

Soal Kelompok 3 : M. Fikri D.D , Micahel Rycho B.B , M. Maliki S dan Natasha Nouvelle
  1. Berikut ini yang merupakan perangkat keras untuk akses internet adalah......
      a. Modem
      b. Hard disk
      c. Flash disk
      d. Disket
  2. Ada berapa cara untuk menginstal modem?
       a. 12
       b. 13
       c. 11
       d. 14
  3. Kecepatan modem mentransfer data diukur dengan?
        a. km
        b. m
        c. bps
        d. pks

  4. Apakah kepanjangan ISP ?
         a. Internet service profider
         b. internet situng ponari
         c. indonesia service penari
         d. inggris suka penari
 5. Apakah singkatan dari Modem?
         a. Monyet dugem
         b. Modulator demokrasi
         c. Moderen demokrasi
         d. Modulator demodulator
 6. Ada berapakah jenis modem?
         a. 2
         b. 3
         c. 4
         d. 5
7. Ada berapakah perangkat lunak untuk mengoperasikan internet?
          a. 1
          b. 2
          c. 3
          d. 4
 8. Program apakah yang digunakan untuk menjalankan chatting?
           a. Yahoo Massenger
           b. Blogger
           c. Wikipedia
           d. Detik
Soal Kelompok 4 : Ndaru bagus ,Ni putu putri , Nugraha agung dan Nurul hidayah

  1. Langkah-langkah untuk menjalankan Mozilla Firefox dari menu start adalah….
             a.Start-Program-Mozilla Firefox
             b.Start-Program-games
             c. Start-Program-Paint
             d. Start-Program-Startup
 2.       Beberapa istilah internet yang umum digunakan adalah....
             a. Browser
             b. Touchscreen
             c. Keypad
             d. Toolbar
 3.       Pengertian dari internet explorer adalah…..
             a. browse yang tidak di sertai system operasi window
             b. browse yang disertai dengan sytem operasi window
             c. browse yang tidak disertai apa-apa
             d. browse yang sertai window dan explorer
 4.        Menu bar apa saja yang ada di dalam internet explorer……
             a. File,edit,view,favorites,tools dan help.
             b. File,edit,view,mailings,insert dan help.
             c. File,review,view,page layout dan help.
             d. Help,edit,tools dan help.
 5.       Ikon Internet explorer terdapat di…..
             a. Start menu dan accessories
             b. Start menu dan Desktop
             c. Recycle bin
             d. My Document
 6.         Status bar terdapat di bagian………..jendela Internet explorer
              a. Atas
              b. Bawah
              c. Kiri
              d. Kanan
 7.        Berikut merupakan istilah-istilah yang umum digunakan dalam internet,kecuali…
               a. HTML
               b. Webpage
               c. Spam
               d. Start
 8.         Kegiatan menjelajahi website dalam internet disebut…
               a. Browsing
               b. Browser
               c. Navigating
               d. Client

 Soal Kelompok 5,Nama anggota : Stefani Gisella W.T , Revia Yunviar , Rizky M.Lail dan Raisis Farah
               1.      E-mail  merupakan singkatan dari …
     a. Electronik-mail                                         c. Electroda-mail
     b. Estetika-mail                                            d. Electra-mail
   2.    1.Pop mail                                                    3.E-mail berbasis web
                    2.Yahoo mail                                                4.E-mail Forwarding
                 Pada data di atas, yang termasuk jenis layanan e-mail adalah …
                  a. 1,2 dan 3                                                   c. 2,3 dan 4
                  b. 1,3 dan 4                                                   d. semua beneran
               3.   Kumpulan dari e-mail yang membentuk sebuah  kelompok di sebut dengan …
                  a. Chatting                                                    c. Mailing list
                  b. Internet                                                    d. E-mail Forwarding
               4.   IRC singkatan dari …
                  a. Internet relay chat                                c. Internet review chat
                  b. Internet replay chat                              d. Internet retrend chat
               5.    Mailing list di sebut juga…
      a. Mili                                                     c. Maili
      b. Mailis                                                 d. Milis
               6.   Apakah Internet Service Provider  itu?
      a. Orang yang memakai internet              c. Indah Sekali Pohonitu
      b. Jasa Layanan Internet                         d. Petugas Speed
   7.       Apa pengertian dari Bandwidth?
                  a. Gelang tangan                                     c. Koneksi utama jaringan internet
      b. Biaya modem per-bulan                      d. Pergabungan LAN dengan WAN
                8.  Dalam membuat password E-mail  hendaknya kita membuat yang…
                  a. mudah diingat dan tidak mudah ditebak orang lain
                  b. sulit diingat dan tidak mudah ditebak diingat orang lain
                  c. mudah ditebak orang lain dan mudah diingat
                  d. semua benar
                9.  Kumpulan dari e-mail  yang membentuk sebuah kelompok disebut…
                   a. chatting     
                   b. Mailing list
                   c. E-mail
                   d. Kartu Elektronik

Soal Kelompok 6 : Tommy O , Stephanie , Taufik H dan Victoria

1. Kejahatan atau tindakan melawan hukum yang dilakukan oleh seseorang dengan menggunakan sarana
    komputer disebut dengan…
            a. hacking
            b. cracking
            c. download
            d. cybercrime
2. File -file yang dapat di download biasanya mempunyai sebuah teks di halaman web yang disebut…
            a. history
            b. website
            c. link
            d. bookmark
.   3. Program aplikasi yang digunakan untuk mencari data atau informasi di internet disebut………
a. Server
            b. LAN
            c. URL
            d. Mesin pelacak informasi
   4. Yang merupakan mesin pelacak informasi di internet adalah……
                       a.  Beemp3
                       b.  Google
                       c.  Twitter
                       d.  Blogger
 5.  Sebuah program kecil yang mempunyai kemampuan mengandakan dirinya sendiri dan
     bersifat mengganggu serta merusak komputer yang terinfeksi olehnya disebut …..
            a. Bitmap
            b. Win.zip
            c. Virus
            d. Notepad
 6. Salah satu contoh Antivirus adalah …..
            a. Encarta
            b. Wirmark-D
            c. Vipre
            d. Adobe Free-virus

  7. Anda dapat mengambil informasi di halaman web kemudian menyimpan dalam file dokumen Word
    dengan cara….
            a. mendownload
            b. Ctrl+C dan Ctrl+P
            c. mengcut dan paste
            d. mengcopy dan paste
  8. Arti Copy adalah …..
            a. Menyalin                                                                  .
            b. Memotong
            c. Menempel
            d. Mengunduh







 Soal TIK :
1. Internet merupakan komunikasi antar komputer,maka setiap komputer yang terhubung dengan jaringan internet itu harus saling mengenal. Untuk mengenali antar komputer,digunakan ciri pengenal alamat yang bisa disebut dengan Internet Protocol (IP) address.Bukalah komputer anda kemudian carilah IP address salah satu komputer yang terkoneksi. Tuliskan nomor IP komputer tersebut !
Jawaban : 192.168.0.35

2. Untuk mengakses situs web tertentu, Anda tinggal mengetik alamat di komputer anda. Ada program tertentu yang berfungsi untuk menjalankan internet, salah satunya adalah internet explorer. Internet dapat mempresentasikan semua sifat manusia, maka hampir semua kegiatan manusia juga dapat dilakukan di internet. Sebutkan beberapa hal umum yang dapat dilakukan di internet !
Jawaban : - sebagai alat komunikasi anatar komputer
                - untuk mencari informasi / browsing hiburan

3. Aplikasi internet yang tersedia saat ini banyak dan terus bertambah seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Aplikasi-aplikasi Internet kemudian digunakan dalam berbagai bidang seperti bidang akademis,militer,medis,media massa, dan berbagai sektor industri lainnya. Dari sekian banyak aplikasi internet yang ada saat ini, sebutkan beberapa aplikasi yang paling banyak di kenal dan digunakan. Berdasarkan aplikasi yang ada di internet,sebutkan beberapa keuntungan internet yang dapat anda rasakan ! 

Jawaban : -World Wide Web (www)          -Ping                       -Newsgroup
                -Electronik mail (e-mail)            -Mailing list               -Internet Relay Chat (IRC),dll

4.Internet dapat menjadi sumber informasi dan sarana komunikasi yang murah dan cepat. Selain itu,internet juga mempunyai jaringan yang sangat luas yang dapat menjangkau seluruh dunia. Hal ini membuat internet sudah banyak dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Saat ini ada banyak kegiatan kehidupan anda sehari-hari yang terkait dengan internet. Sebutkan berbagai pemanfaatan internet untuk mrnunjang bisnis ! 
Jawaban : -Sarana promosi/iklan
                -Memudahkan komunikasi antar pelanggan dan di jual
                -Melihat informasi dunia bisnis lain.
                -Melalukan pembayaran melalui internet.












Teknologi Komunikasi dan Informasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi. Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Oleh karena itu, teknologi informasi dan teknologi komunikasi adalah dua buah konsep yang tidak terpisahkan. Jadi Teknologi Informasi dan Komunikasi mengandung pengertian luas yaitu segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, pemindahan informasi antar media. Istilah TIK muncul setelah adanya perpaduan antara teknologi komputer (baik perangkat keras maupun perangkat lunak) dengan teknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20. Perpaduan kedua teknologi tersebut berkembang pesat melampaui bidang teknologi lainnya. Hingga awal abad ke-21 TIK masih terus mengalami berbagai perubahan dan belum terlihat titik jenuhnya.
Sejarah
Ada beberapa tonggak perkembangan teknologi yang secara nyata memberi sumbangan terhadap perkembangan TIK hingga saat ini. Pertama yaitu temuan telepon oleh Alexander Graham Bell pada tahun 1875. Temuan ini kemudian berkembang menjadi pengadaan jaringan komunikasi dengan kabel yang meliputi seluruh daratan Amerika, bahkan kemudian diikuti pemasangan kabel komunikasi trans-atlantik. Jaringan telepon ini merupakan infrastruktur masif pertama yang dibangun manusia untuk komunikasi global. Memasuki abad ke-20, tepatnya antara tahun 1910-1920, terwujud sebuah transmisi suara tanpa kabel melalui siaran radio AM yang pertama. Komunikasi suara tanpa kabel ini pun segera berkembang pesat. Kemudian diikuti pula oleh transmisi audio-visual tanpa kabel, yang berwujud siaran televisi pada tahun 1940-an. Komputer elektronik pertama beroperasi pada tahun 1943. Lalu diikuti oleh tahapan miniaturisasi komponen elektronik melalui penemuan transistor pada tahun 1947 dan rangkaian terpadu (integrated electronics) pada tahun 1957. Perkembangan teknologi elektronika, yang merupakan cikal bakal TIK saat ini, mendapatkan momen emasnya pada era Perang Dingin. Persaingan IPTEK antara blok Barat (Amerika Serikat) dan blok Timur (dulu Uni Soviet) justru memacu perkembangan teknologi elektronika lewat upaya miniaturisasi rangkaian elektronik untuk pengendali pesawat ruang angkasa maupun mesin-mesin perang. Miniaturisasi komponen elektronik, melalui penciptaan rangkaian terpadu, pada puncaknya melahirkan mikroprosesor. Mikroprosesor inilah yang menjadi ‘otak’ perangkat keras komputer dan terus berevolusi sampai saat ini. Perangkat telekomunikasi berkembang pesat saat teknologi digital mulai digunakan menggantikan teknologi analog. Teknologi analog mulai terasa menampakkan batas-batas maksimal pengeksplorasiannya. Digitalisasi perangkat telekomunikasi kemudian berkonvergensi dengan perangkat komputer yang sejak awal merupakan perangkat yang mengadopsi teknologi digital. Produk hasil konvergensi inilah yang saat ini muncul dalam bentuk telepon seluler. Di atas infrastruktur telekomunikasi dan komputasi ini kandungan isi (content) berupa multimedia mendapatkan tempat yang tepat untuk berkembang. Konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia inilah yang menjadi ciri abad ke-21, sebagaimana abad ke-18 dicirikan oleh revolusi industri. Bila revolusi industri menjadikan mesin-mesin sebagai pengganti ‘otot’ manusia, maka revolusi digital (karena konvergensi telekomunikasi - komputasi multimedia terjadi melalui implementasi teknologi digital) menciptakan mesin-mesin yang mengganti (atau setidaknya meningkatkan kemampuan) ‘otak’ manusia. 

Penerapan TIK dalam Pendidikan di Indonesia

Indonesia pernah menggunakan istilah telematika (telematics) untuk arti yang kurang lebih sama dengan TIK yang kita kenal saat ini. Encarta Dictionary mendeskripsikan telematics sebagai telecommunication + informatics (telekomunikasi + informatika) meskipun sebelumnya kata itu bermakna science of data transmission. Pengolahan informasi dan pendistribusiannya melalui jaringan telekomunikasi membuka banyak peluang untuk dimanfaatkan di berbagai bidang kehidupan manusia, termasuk salah satunya bidang pendidikan. Ide untuk menggunakan mesin-belajar, membuat simulasi proses-proses yang rumit, animasi proses-proses yang sulit dideskripsikan sangat menarik minat praktisi pembelajaran. Tambahan lagi, kemungkinan untuk melayani pembelajaran yang tak terkendala waktu dan tempat juga dapat difasilitasi oleh TIK. Sejalan dengan itu mulailah bermunculan berbagai jargon berawalan e, mulai dari e-book, e-learning, e-laboratory, e-education, e-library, dan sebagainya. Awalan e bermakna electronics yang secara implisit dimaknai berdasar teknologi elektronika digital. Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini adalah wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyarakat. Kelemahan utama siaran radio maupun televisi pendidikan adalah tidak adanya feedback yang seketika. Siaran bersifat searah yaitu dari narasumber atau fasilitator kepada pembelajar. Introduksi komputer dengan kemampuannya mengolah dan menyajikan tayangan multimedia (teks, grafis, gambar, suara, dan gambar bergerak) memberikan peluang baru untuk mengatasi kelemahan yang tidak dimiliki siaran radio dan televisi. Bila televisi hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi tayangannya adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed). Pembelajaran berbasis Internet memungkinkan terjadinya pembelajaran secara sinkron dengan keunggulan utama bahwa pembelajar maupun fasilitator tidak harus berada di satu tempat yang sama. Pemanfaatan teknologi video conference yang dijalankan dengan menggunakan teknologi Internet memungkinkan pembelajar berada di mana saja sepanjang terhubung ke jaringan komputer. Selain aplikasi unggulan seperti itu, beberapa peluang lain yang lebih sederhana dan lebih murah juga dapat dikembangkan sejalan dengan kemajuan TIK saat ini.

 Buku Elektronik

Buku elektronik atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional. Jenis e-book paling sederhana adalah yang sekedar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk elektronik yang ditayangkan oleh komputer. Dengan teknologi ini, ratusan buku dapat disimpan dalam satu keping CD atau compact disk (kapasitas sekitar 700MB), DVD atau digital versatile disk (kapasitas 4,7 sampai 8,5 GB) maupun flashdisk (saat ini kapasitas yang tersedia sampai 16 GB). Bentuk yang lebih kompleks dan memerlukan rancangan yang lebih cermat misalnya pada Microsoft Encarta dan Encyclopedia Britannica yang merupakan ensiklopedi dalam format multimedia. Format multimedia memungkinkan e-book menyediakan tidak saja informasi tertulis tetapi juga suara, gambar, movie dan unsur multimedia lainnya. Penjelasan tentang satu jenis musik misalnya, dapat disertai dengan cuplikan suara jenis musik tersebut sehingga pengguna dapat dengan jelas memahami apa yang dimaksud oleh penyaji.

E-learning

Beragam definisi dapat ditemukan untuk e-learning. Victoria L. Tinio, misalnya, menyatakan bahwa e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal, yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahan ajar, interaksi, dan/atau fasilitasi. Untuk pembelajaran yang sebagian prosesnya berlangsung dengan bantuan jaringan internet sering disebut sebagai online learning. Definisi yang lebih luas dikemukakan pada working paper SEAMOLEC, yakni e-learning adalah pembelajaran melalui jasa elektronik. Meski beragam definisi namun pada dasarnya disetujui bahwa e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi. Dalam definisi tersebut tercakup siaran radio maupun televisi pendidikan sebagai salah satu bentuk e-learning. Meskipun radio dan televisi pendidikan adalah salah satu bentuk e-learning, pada umumnya disepakati bahwa e-learning mencapai bentuk puncaknya setelah bersinergi dengan teknologi internet. Internet-based learning atau web-based learning dalam bentuk paling sederhana adalah website yang dimanfaatkan untuk menyajikan materi-materi pembelajaran. Cara ini memungkinkan pembelajar mengakses sumber belajar yang disediakan oleh narasumber atau fasilitator kapanpun dikehendaki. Bila diperlukan dapat pula disediakan mailing list khusus untuk situs pembelajaran tersebut yang berfungsi sebagai forum diskusi. Fasilitas e-learning yang lengkap disediakan oleh perangkat lunak khusus yang disebut perangkat lunak pengelola pembelajaran atau LMS (learning management system). LMS mutakhir berjalan berbasis teknologi internet sehingga dapat diakses dari manapun selama tersedia akses ke internet. Fasilitas yang disediakan meliputi pengelolaan siswa atau peserta didik, pengelolaan materi pembelajaran, pengelolaan proses pembelajaran termasuk pengelolaan evaluasi pembelajaran serta pengelolaan komunikasi antara pembelajar dengan fasilitator-fasilitatornya. Fasilitas ini memungkinkan kegiatan belajar dikelola tanpa adanya tatap muka langsung di antara pihak-pihak yang terlibat (administrator, fasilitator, peserta didik atau pembelajar). ‘Kehadiran’ pihak-pihak yang terlibat diwakili oleh e-mail, kanal chatting, atau melalui video conference.

Perangkat TIK teknologi informasi dan komunikasi

Dengan kemajuan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi sekarang ini, dunia tidak lagi mengenal batas, jarak, ruang dan waktu, sebagai contoh kini orang dapat dengan mudah memperoleh berbagai macam informasi yang terjadi di belahan dunia ini tanpa harus datang ke tempat tersebut. Bahkan orang dapat berkomunikasi dengan siapa saja di berbagai di belahan dunia ini, dengan memanfaatkan seperangkat komputer yang tersambung ke internet.
Berbicara tentang kecanggihan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi ini maka tidak lepas dari teknologi komputer itu sendiri. Komputer teridiri dari suatu rangkaian peralatan elektronik yang bekerja secara bersama-sama, untuk dapat berfungsi menangani berbagai macam pekerjaan mulai dari yang sangat sederhana sampai pada tingkat pekerjaan yang sangat kompleks/rumit.
Komputer merupakan sebuah sistem yang terdiri dari tiga komponen utama yaitu Hardware (perangkat keras), Software (perangkat lunak)dan Brainware (perangkat manusia/user). Hubungan antara ketiga komponen tersebut tidak dapat dipisahkan, untuk dapat mencapai fungsi komputer sebagai produk berteknologi canggih dalam menangani berbagai macam pekerjaan. Hardware sebagai komponen fisik dari sistem komputer yang terdiri dari peralatan Input, Proses, Output dan Media penyimpan data merupakan satu kesatuan yang bekerja secara besama-sama, sehingga dapat difungsikan.
Ketiga komponen dalam sistem tersebut Hardware, Software dan Brainware akan melakukan proses meng-input data, memproses (proccesing) dan menghasilkan output yang berupa produk informasi yang dibutuhkan.

PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN

 

Saat ini komputer bukan lagi merupakan barang mewah, alat ini sudah digunakan di berbagai bidang pekerjaan seperti halnya pada bidang pendidikan. Pada awalnya komputer dimanfaatkan di sekolah sebagai penunjang kelancaran pekerjaan bidang
administrasi dengan memanfaatkan software Microsoft word, excel dan access.
Dengan masuknya materi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kurikulum baru, maka peranan komputer sebagai salah satu komponen utama dalam TIK mempunyai posisi yang sangat penting sebagai salah satu media pembelajaran. Kutipan dari Kurikulum untuk Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi
·  Visi mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi yaitu agar siswa dapat dan terbiasa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal untuk mendapatkan dan memproses informasi dalam kegiatan belajar, bekerja, dan aktifitas lainnya sehingga siswa mampu berkreasi, mengembangkan sikap imaginatif, mengembangkan kemampuan eksplorasi mandiri, dan mudah beradaptasi dengan perkembangan baru di lingkungannya · Melalui mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi diharapkan siswa dapat terlibat pada perubahan pesat dalam kehidupan yang mengalami penambahan dan perubahan dalam penggunaan beragam produk teknologi informasi dan komunikasi.
Siswa menggunakan perangkat Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mencari, mengeksplorasi, menganalisis, dan saling tukar informasi secara efisien dan efektif. Dengan menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi, siswa akan dengan
cepat mendapatkan ide dan pengalaman dari berbagai kalangan. Penambahan kemampuan siswa karena penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi akan mengembangkan sikap inisiatif dan kemampuan belajar mandiri, sehingga siswa
dapat memutuskan dan mempertimbangkan sendiri kapan dan dimana penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi secara tepat dan optimal, termasuk apa implikasinya saat ini dan dimasa yang akan datang.
· Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya. Karena itu, Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer/pemindahan informasi antar media.
· Secara khusus, tujuan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah:
1. Menyadarkan siswa akan potensi perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang terus berubah sehingga siswa dapat termotivasi untuk mengevaluasi dan mempelajari Teknologi Informasi dan Komunikasi sebagai dasar untuk belajar sepanjang hayat.
2. Memotivasi kemampuan siswa untuk bisa beradaptasi dan mengantisipasi perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga siswa bisa melaksanakan dan menjalani aktifitas kehidupan seharihari secara mandiri dan lebih percaya diri.
3. Mengembangkan kompetensi siswa dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk mendukung kegiatan belajar, bekerja, dan berbagai aktifitas dalam kehidupan seharihari.
4. Mengembangkan kemampuan belajar berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, sehingga proses pembelajaran dapat lebih optimal, menarik, dan mendorong siswa terampil dalam berkomunikasi, terampil mengorganisasi informasi, dan terbiasa bekerjasama.
5. Mengembangkan kemampuan belajar mandiri, berinisiatif, inovatif, kreatif, dan bertanggungjawab dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk pembelajaran, bekerja, dan pemecahan masalah seharihari.
Dengan melihat isi dari kurikulum tersebut, kita harus mengintegrasikan TIK dalam proses belajar mengajar di madrasah bukan hanya untuk mata pelajaran teknologi dan informasi saja. Melihat kondisi TIK pada saat ini dan perkembangannya di masa datang, kita harus mempersiapkan diri dan melakukan perencanaan yang matang dalam mengimplementasikan TIK di madrasah. Jika kita tidak memulainya sekarang maka madrasah sebagai salah satu institusi pendidikan selain sekolah yang berada dibawah Depdiknas akan tertinggal oleh sekolah lain. Jika ini terjadi, usaha kita akan semakin berat untuk mensejajarkan madrasah dengan sekolah lain. Di satu sisi, kita sedang berusaha mengejar ketertinggalan dalam mata pelajaran khususnya MIPA dan BahasaInggris, di sisi lain TIK akan membuat kita tertinggal semakin jauh. Mengamati Program Pengembagan TIK yang dilakukan Depdiknas Untuk mengejar ketertinggalan pemanfaatan TIK di sekolah dari negara lain, saat iniDepdiknas mempunyai program pengembangan TIK secara besarbesaran.
Ada tiga posisi penting di Depdiknas dalam program pengembangan TIK, yaitu:
1.    Bidang kejuruan, TIK menjadi salah satu jurusan di SMK. Pengembangan TIK secara teknis baik hardware dan software masuk dalam kurikum pendidikan. Dibentuknya ICT center di seluruh Indonesia. Untuk menghubungkan sekolahsekolah di sekitar ICT center dibangun WAN (Wireless Area Network) Kota.
2.    Pustekkom, sebagai salah satu ujung tombak dalam pengembangan TV pendidikan interaktif, Elearning dan ESMA. Program ini bertujuan untuk mempersempit jurang perbedaan kualitas pendidikan antara kota besar dengan daerah.
3.    Jardiknas (Jejaring Pendidikan Nasional), bertujuan untuk mengintegrasikan kedua program di atas agar terbentuk sebuah jaringan yang menghubungkan semua sekolah di Indonesia. Sehingga diperkirakan di masa depan semua sekolah di Indonesia akan terkoneksi dengan internet. Melihat program yang diadakan oleh Depdiknas kita bisa memanfaatkan fasilitas tersebut karena bersifat terbuka.
Pengembangan TIK di Madrasah secara Mandiri
Kita belum terlambat untuk mempersiapkan diri dalam penguasaan TIK sebagai media pembelajaran di madrasah. Mulai saat ini pihak madrasah dan Majlis Madrasah harus membuat sebuah program pengembangan TIK secara menyeluruh. Ada beberapa poin untuk membuat suatu perencanaan pengembangan TIK, diantaranya:
1.  Mempersatukan visi dan misi pengembangan TIK yang ingin dicapai antara Kepala sekolah, guru dan majlis madrasah.
2.  Pembentukan Komite Teknologi (Organisasi Labkom) yang mandiri
3. Mengidentifikasi infrastruktur lembaga, baik hardware, software maupun sistem dan jaringan yang sudah dimiliki
4.  Penentuan hardware dan software yang akan digunakan atau dikembangkan.
5. Mengidentifikasi SDM yang dimiliki
6.  Menentukan bentuk pelatihan penguasaan TIK baik untuk guru dan staf lainnya.
7.  Adanya Time schedule yang jelas untuk pencapaian program
8.  Penentuan Investasi yang diperlukan secara berkala tiap tahun
9.  Mengidentifikasi perkembangan software dan kurikulum baru
10.  Mengadakan revisi perencanaan disesuaikan dengan perkembangan yang terjadi.
Dengan perencanaan yang matang, kita bisa mengembangkan TIK secara bertahap di madrasah agar tidak tertinggal dari sekolah lain. Program yang dibuat haru dilaksanakan secara berkelanjutan meskipun terjadi pergantian kepala dan majilis madrasah. Pemanfaatan TIK Sebagai Media Pembelajaran TIK bukan merupakan teknologi yang berdiri sendiri, tetapi merupakan kombinasi dari hardware dan software.Ada hal penting yang harus diperhatikan dalam memanfaatkan TIK sebagai media pembelajaran yaitu hardware dan software yang tersedia dan jenis metode pembelajaran yang akan digunakan. Beberapa pemanfaatan TIK dalam pembelajaran diantaranya:
1. Presentasi
Presentasi merupakan cara yang sudah lama digunakan, dengan menggunakan OHP atau chart. Peralatan yang digunakan sekarang biasanya menggunakan sebuah komputer/laptop dan LCD proyektor. Ada beberapa keuntungan jika kita memanfaatkan TIK diantaranya kita bisa menampilkan animasi dan film, sehingga tampilannya menjadi lebih menarik dan memudahkan siswa untuk menangkap materi yang kita sampaikan. Software yang paling banyak digunakan
untuk presentasi adalah Microsoft Powerpoint. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan bahan presentasi,
diantaranya:
a. Jangan terlalu banyak tulisan yang harus ditampilkan.
b. Tulisan jangan terlalu kecil karena harus dilihat oleh banyak siswa.
c. Perbanyak memasukkan gambar dan animasi
d. Usahakan bentuk presentasi yang interaktif.
2. Demonstrasi
Demontrasi biasanya digunakan untuk menampilkan suatu kegiatan di depan kelas, misalnya eksperimen. Kita bisa membuat suatu film caracara melakukan suatu kegiatan misalnya cara melakukan pengukuran dengan mikrometer yang benar atau mengambil sebagian kegiatan yang penting. Sehingga dengan cara ini siswa bisa kita arahkan untuk melakukan kegiatan yang benar atau mengambil kesimpulan dari kegiatan tersebut.
Cara lain adalah memanfaatkan media internet, kita bisa menampilkan animasi yang berhubungan dengan materi yang kita ajarkan (meskipun tidak semuanya tersedia). Sebagai contoh untuk menampilkan arah vektor dari perkalian silang kita bisa mengakses internet dengan alamat
http://www.upscale.utoronto.ca/GeneralInterest/Harrison/Flash/ClassMechanics/
RightHandRule/RightHandRule.html
3. Virtual Experiment
Maksud dari virtual eksperimen disini adalah suatu kegiatan laboratorium yang dipindahkan di depan komputer. Anak bisa melakukan beberapa eksperimen dengan memanfaatkan software virtual eksperimen misalnya Crocodile Clips. Software ini bisa didownload di http://www.crocodileclips. com/s3_1.jsp , tetapi kita harus register dulu untuk mendapatkan active code yang berlaku untuk satu bulan.
Metode ini bisa digunakan jika kita tidak mempunyai laboratorium IPA yang lengkap atau digunakan sebelum melakukan eksperimen yang sesungguhnya.
4. Kelas virtual
Maksud kelas virtual di sini adalah siswa belajar mandiri yang berbasiskan web, misalnya menggunakan moodle. Saya berikan contoh bentuk kelas maya yang sedang kami kembangkan di MAN 2 Ciamis.Pada kelas maya ini siswa akan mendapatkan materi, tugas dan test secara online. Kita sebagai guru memperoleh kemudahan dalam memeriksa tugas dan menilai hasil ujian siswa. Terutama hasil ujian siswa akan dinilai secara otomatis.
Sebenarnya banyak bentuk pemanfaatan TIK lainnya yang dapat digunakan untuk membantu siswa dalam proses belajar mengajar. Tetapi semua itu tergantung kepada kita bagaimana cara memanfaatkannya.